Di tulis Oleh:Alinoka Minggu, 25 September 2016

1. Boleh Saya bertanya, mohon/numpang tanya
请问 → qǐngwèn
         →Digunakan untuk bertanya kepada orang yang tidak dikenal.

Contoh:
请问,洗手间在哪里?
→qǐngwèn, xǐshǒujiān zài nǎlǐ?
→Bolehkah aku bertanya, toilet ada dimana?

2. Yang ini dan Yang itu
这个 → zhè ge
那个→ nà gè
         →Digunakan untuk menunjuk benda di sebuah toko yang ingin kamu tanya informasinya.

Contoh:
那个人是谁?
→nàgè rén shì shéi?
Siapakah orang itu?

3. Berapa harganya?
多少钱 → duōshǎo qián
            → Digunakan untuk menanyakan harga.

Contoh:
这个多少钱?
zhège duōshǎo qián ?
Berapa harganya ini?

4. Dimanakah, ada dimana
在哪里? → zài nǎlǐ
                →Digunakan untuk menanyakan sesuatu yang ingin kamu ketahui keberadaannya atau tempatnya

Contoh:
请问警察局在哪里?
→qǐngwèn jǐngchájú zài nǎlǐ?
→Numpang tanya kantor polisi ada dimana?

5. Maaf
对不起 → duìbùqǐ
抱歉 →bàoqiàn
         →Digunakan untuk menyatakan maaf.

Contoh:
对不起, 我不是故意的。
→duìbuqǐ, wǒ bùshì gùyì de.
→Maaf aku tidak sengaja.

6. Lurus, belok kanan dan belok kiri
直走 → zhí zǒu,
右转 → yòu zhuǎn,
左转 →zuǒ zhuǎn
Digunakan untuk menyatakan arah.

Contoh kalimat:
请直走然后过红绿灯右转就到了。
→qǐng zhí zǒu ránhòu guò hónglǜdēng yòu zhuǎn jiù dào le.
→Silahkan jalan lurus kemudian melewati lampu merah belok kanan dan sampailah.

7. Aku tidak mengerti
我听不懂 → wǒ tīng bù dǒng
→Digunakan bila kamu tidak mengerti apa yang orang lain katakan kepadamu

Contoh kalimat:
对不起,我听不懂。
→duìbuqǐ, wǒ tīngbudǒng.
→Maaf ,aku tidak mengerti.

8. Mau, tidak mau
要 → yào,
不要 → bù yào

Contoh kalimat:
你要喝茶吗?
→nǐ yào hē chá ma?
→Apakah kamu mau minum teh?

我不要。
→wǒ bù yào.
→Aku tidak mau.

9. Paket no X
X号餐 → X hào cān
          →Biasanya digunakan di restoran cepat saji seperti Mcdonald, KFC dan sejenisnya.

Contoh:
一个三号餐。
→yī gè sān hào cān.
→Satu paket no 3.



Post by: Alinoka
Jam. 03.44.00 Minggu, 25 September 2016
→Pekerjaan: Writer
→Respond : Komentari

Tuliskan Komentar mengunakan facebook